Product, oleh Yudha Aditya [5105 100 047]

Evolusi Perangkat lunak:
· Era Pioner
· Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer
· Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
· Pada era ini, perangkat lunak kmerupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
· Era Stabil
· Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
· Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunk mulai bergeser menjadi sebuah produk.
· Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
· Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
· Era Mikro
· Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
· Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi
· Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
· Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu.
· Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
· Era Modern
· Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
· Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan prangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu

Tetapi selama era evolusi system basis computer, serangkaian masalah yang berhubungan dengan perangkat lunak masih muncul, dan intensitas masalah tersebut terus bertambah:
1. kemajuan perangkat keras yang terus berlanjut, melampaui kemampuan kita untuk membangun perangkat lunak yang sesuai dengan perangkat keras yang ada.
2. kemampuan kita untuk membangun program baru tidak dapat memenuhi kebutuhan akan program baru.
3. pemakaian computer yang tersebar luas membuat masyarakat semakin tergantung pada operasi perangkat lunak yang reliable. Kerusakan ekonomi yang besar dapat muncul bila terjadi kegagalan perangkat lunak
4. kita berjuang untuk membangun perangkat lunak computer dengan reliabilitas dan kualitas yang sangat tinggi.
5. kemampuan kita untuk mendukung program yang ada terhambat oleh sumber daya manusia yang tidak memadai.

Produk Perangkat Lunak:

• Produk Perangkat Lunak menurut Ian Sommerville [SOM00] didefinisikan sebagai berikut: Produk perangkat lunak adalah sistem perangkat lunak beserta dokumentasinya yang menjelaskan prosedur penyiapan dan penggunaan perangkat lunak tersebut

Pada definisi lain yang dikutip oleh Pressman [PRE01] dalam bukunya Software Engineering A Practioner’s Approach, perangkat lunak didefinisikan lebih rinci lagi yaitu sebagai:
a. instruksi-instruksi yang jika dieksekusi akan memberikan layanan-layanan atau fungsi seperti yang diinginkan
b. struktur data yang memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara proporsional
c. dokumen-dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program

Contoh produk Perangkat Lunak:
· Software-software antivirus, seperti AVG, Norton, Bit Defebder,dll
· Sistem Operasi seperti Windows, Linux, dll
· Visual studio
· Microsoft office
· Dll

Klasifikasi perangkat lunak
1. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
· Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
· Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, 98, 2000, Xp, Vista , IMB OS/2, Apple’s System 7
· Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
2. perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang:
· Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game).
· Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
· Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD.
· Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
· Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
.
Karakteristik Perangkat Lunak:

Beberapa karakteristik perangkat lunak yang membedakan dengan perangkat keras :

1. Software is developed or engineered, it is not manufactured in the classical sense.
Perangkat lunak adalah suatu produk yang lebih menekankan pada kegiatan rekayasa (engineering) dibandingkan kegiatan manufacturing (rancang bangun di pabrik). rumit. Dalam pembuatan perangkat lunak kualitas yang tinggi dicapai melalui perancangan yang baik, tetapi dalam fase perangkat keras, selalu saja ditemukan masalah kualitas yang tidak mudah untuk disesuaikan dengan perangkat lunak. Biaya untuk perangkat lunak dikonsentrasikan pada pengembangan. Hal ini berarti proyek perangkat lunak tidak dapat diatur seperti pengaturan pada proyek pemanufacturan.

2. Software doesn’t “wear out”
Perangkat lunak tidak rentan terhadap pengaruh lingkungan yang merusak yang mengakibatkan perangkat keras menjadi usang. Secara teoritis, kurva tingkat kegagalan perangkat perangkat lunak akan sesuai dengan apa yang ditunjukkan pada gambar 1. kesalahan-kesalahan yang tidak dapat ditemukan menyebabkan tingkat kegagalan menjadi sangant tinggi pada awal hidup program. Tetapi hal itu dapat diperbaiki (diharapka tidak ditemukan ladi kesalahan lain) sehingga kurva menjadi mendatar.
yudha2

Gambar 1. Kurva kegagalan pada perangkat lunak

Aspek lain dari keusangan menggambarkan perbedaan antara perangkat keras dan perangkat lunak. Bila komponen perangakt keras telah usang, komponen dapat diganti dengan suku cadangnya. Namun tidak ada suku cadang bagi perangkat lunak. Setiap kegagalan perangkat lunak menggambarkan kesalahan dala perancangan atau proses dimana rancangan diterjemahkan kedalam kode mesin yang dapat di eksekusi.
yudha1

Kurva kegagalan actual untuk perangkat lunak

1. Most software is custom-built rather than being assembled from existing components
Kebanyakan perangkat lunak tidak dibangun dari perangkat lunak-perangkat lunak yang sudah ada. Pembangunan aplikasi baru kebanyakan dimulai dari awal, dari tahap analisis sampai tahap pengujian. Namun demikian, kini paradigma baru mulai dikembangkan, yaitu konsep reuseability. Dengan konsep ini suatu aplikasi baru dapat dikembangkan dari aplikasi yang sudah ada yang menerapkan konsep reusability tersebut.

Klasifikasi Perangkat Lunak:
1. Perangkat lunak sistem:
Perangkat lunak yang ditulis untuk melayani program – program yang lain. Banyak perangkat lunak system (misal compiler, editor, dan utilitas pengatur file) memproses struktur – struktur informasi yang lengkap namun tetap. Aplikasi –aplikasi sistem yang lain (komponen system operasi, driver, prosessor) memproses secara luas data yang bersifat tetap. Di dalam setiap kasus tersebut, area perangkat lunak system ditandai dengan eratnya interaksi dengan perangkat keras computer; penggunaan oleh banyak pemakai; operasi kongruen yang membutuhkan penjadwalan; tukar-menukar sumber, dan penagturan proses yang canggih; struktur data yang kompleks serta interface external ganda.
2. Perangkat real time
Program-program yang memonitor/ menganalisis/mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya perangkat lunak real-time. Elemen-elemen perangkat lunak real time mencakup komponen pengumpul data yang mengumpulkan dan memformat informasi dari linkungan external, sebuah komponen analisis yan gmentransformasi informasi pada saat dibutuhkan oleh aplikasi, sebuah komponen control/output yang memberi respon kepada lingkungan external, serta sebuah komponen monitor yang mengkoordinasi semua komponen lain agar respon real-timenya tetap terjaga. System real time harus merespon dalam rentang waktu yang tetap.
3. Perangkat lunak bisnis:

Pemrosesan informasi bisnis merupakan area aplikasi perangkat lunak yang paling luas. Siste diskrit telah mengembangkan perangkat lunak sistem informasi management(MIS) yang mengakses satu atau lebih database besar yang berisi informasi bisnis. Aplikasi dalam area ini menyusun kembali struktur data yang ada dengan suatu cara tertentu untuk memperlancar operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen. Aplikasi perangkat lunak bisnis meliputi penghitungan klien/sever serta penghitungan interaktif.

4. Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan

Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan memiliki jangkauan aplikasi mulai dari astronomi sampai vulkonologi, analisis otomotif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa, dan dari biologi molekuler sampai pabrik yang sudah di otomatisasi.

5. Embedded software

Embedded software ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrolhasil serta siitem untuk keperluan konsumen dan pasar industri. Embedded software dapat melakukan fungsi terbatas serta fungsi seotrrik( misal keypad control untuk microwave).

6. Perangkat lunak personal Computer

Perangkat lunak yang digunakan untuk pengolah kata, spreadsheet, gradik komputer, multimedia, hiburan, manajemen database, aplikasi keuangan dan bisnis personal, dsb.

7. perangkat lunak kecerdasan buatan

perangkat lunak sistem kecerdasan buatan menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan analisis secara langsung.

Kualitas Perangkat Lunak:

Ukuran kualitas perangkat lunak dilihat dari atribut antara lain :
a. Maintainability , yaitu tingkat kemudahan perangkat lunak tersebut dalam mengakomodasi perubahan-perubahan
b. Dependability, ketidakbergantungan perangkat lunak dengan elemen-elemen sistem lainnya atau sistem secara keseluruhan.Artinya kegagalan elemen lain tidak mempengaruhi performansi perangkat lunak
c. Efficiency , menyangkut waktu eksekusi
d. Usability, yaitu atribut yang menunjukkan tingkat kemudahan pengoperasian perangkat lunak

pengukuran kualitas perangkat lunak, adalah apa yang sebenarnya mau kita ukur. Kualitas perangkat lunak dapat dilihat dari sudut pandang proses pengembangan perangkat lunak (process) dan hasil produk yang dihasilkan (product). Dan penilaian ini tentu berorientasi akhir ke bagaimana suatu perangkat lunak dapat dikembangkan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna. Hal ini berangkat dari pengertian kualitas (quality) menurut IEEE Standard Glossary of Software Engineering Technology yang dikatakan sebagai:

The degree to which a system, component, or process meets customer or user needs or expectation (derajat dimana sebuah system komponen atau proses bertemu customer atau kebutuhan user atau permintaan)

Dari sudut pandang produk, pengukuran kualitas perangkat lunak dapat menggunakan standard dari ISO 9126 atau best practice yang dikembangkan para praktisi dan pengembang perangkat lunak. Taksonomi McCall adalah best practice yang cukup terkenal dan diterima banyak pihak, ditulis oleh J.A. McCall  dalam technical report yang dipublikasikan tahun 1977

Contoh perangkat lunak:

AVG antivirus
Kualitas Perangkat lunak:

· Maintainability:
AVG merupakan software antivirus yang memiliki tingkat maintainability cukup tinggi. AVG dapat mengupdate dirinya sendiri selama computer memiliki koneksi dengan internet atau dengan mendownload update terbarunya di situs AVG. update tersedia tiap hari dan merupakan salah satu kelebihan avg dibanding dengan beberapa antivirus lain dalam hal maintainability.

· Dependability
AVG bergantung pada sistem operasi dan Selama Operating Sistem tidak ada masalah maka AVG tidak akan bermasalah

· Efficiency:
Waktu eksekusi cukup singkat, dan saat melakukan scanning membutuhkan waktu yang lebih singkat bila dibandingkan dengan beberapa antivirus lain

· Usability:
Awalnya kita membutuhkan waktu agar terbiasa dengan Interface AVG. AVG Control-Center adalah komponen utama untuk mengontrol system AVG, dan berjalan tiap kali user melakukan login. Dengan menggunakan AVGCC settingan sistem AVG dapat diedit dan kita dapat monitoring status dari tiap komponen individual seperti status updatenya.

Aplikasi perangat lunak:

1. merupakan perangkat lunak real time
2. AVG Anti-Virus termasuk perangkat lunak sistem karena berfungsi untuk melayani perangkat lunak lain seperti sistem operasi.
3. Termasuk Perangkat lunak Komputer personal (PC) karena Perangkat lunak yang dioperasikan di PC untuk mendeteksi virus yang ada di PC.

Kesimpulan:

Perangkat lunak dapat menjadi elemen kunci bagi evolusi system dan produk yang berbasis computer. Selama empat decade terakhir, perangkat lunka telah berkembang dari sebuah alat analisis dan pemecah masalah yang terspesialisasi di dalam industri itu sendiri. Perangkat lunak telah menjadi factor paembatas dalam evolusi system berbasis computer. Perangkat lunak dirancang dari program-program, data, dan dokumen. Masing-masing dari item tersebut terdiri dari sebuah konfigurasi yang diciptakan sebagai bagian dari proses pengembangan perangkat lunak. Tujuan rekayasa perangkat lunak adalah menyediakan sebuah kerangka kerja guna membangun perangkat lunak dengan kualitas lebih tinggi.

0 Responses to “Product, oleh Yudha Aditya [5105 100 047]”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

RSS My Blog

  • Pindahan! Februari 13, 2012
    Para pembaca sekalian, mulai hari ini blog ini pindah ya.. alamatnya di www.handyeka.com Posting-posting terbaru akan muncul di alamat baru tersebut. Terima kasih :)
  • Selamat Tahun Baru 2012! Januari 26, 2012
    Selamat tahun baru 2012!! Bagaimana tahun 2011 yang baru saja kita lewati ini? pasti banyak up-and-down nya. Biasanya orang kalau ngomongin tahun baru mesti nanyain resolusi tahun baru, tapi kali ini saya ga mau nanya-nanya tentang resolusi, hahaha.. kenapa? karena … Continue reading →
  • Adele – Someone Like You Oktober 10, 2011
    Pernahkah Anda merasakan jatuh cinta.. namun pada akhirnya Anda hanya bisa mengagumi dia yang Anda cinta karena Anda berdua sayangnya tidak bisa bersatu.. namun ia akhirnya bisa bahagia.. meskipun bukan bersama Anda.. Sakit.. dan penuh emosi jiwa pastinya.. tapi apakah … Continue reading →

RSS Recipee World

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Indonesia Travel Guide

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Music Info Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: